STRATEGI DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) DI SMAN 68 JAKARTA

STRATEGI DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) DI SMAN 68 JAKARTA

Pembelajaran Jarak Jauh  ( PJJ )  di SMAN  68 Jakarta  sudah memasuki hari ke lima.

Kegiatan yang dimaksudkan untuk  memutus mata rantai penyebaran virus corona dengan tetap memenuhi kebutuhan peserta didik dalam KBM sesuai INGUB  DKI No 16 Tahun 2020  dan Edaran  Kepala Dinas Pendidikan DKI No 27 /SE/2020.

Dalam upaya pencapaian tujuan di atas, SMAN 68 Jakarta telah melakukan berbagai upaya agar pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dapat efektif dan efisien dan terpenting dapat menghindari beban yang berlebihan bagi peserta didik  yang tentunya belum terbiasa melakukan pembelajaran jarak jauh.

Dari waktu ke waktu  Manajemen SMAN 68 terus melakukan evaluasi terutama terkait hambatan –hambatan termasuk keluhan –keluhan yang muncul dari peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh tersebut. Kata kunci dari kegiatan ini adalah : Peserta didik tetap berprestasi  dengan tetap belajar seraya mampu menjaga kesehatan dan kekebalan tubuhnya, dan peserta didik nyaman berada di rumah untuk mengurangi kontak dengan keramaian dan orang asing (Social distancing)

Pada hari Senin 16  Maret  2020 dalam pengarahannya  Dra. Adwiana Hardiyanti, M.Pd selaku Kepala SMAN 68 Jakarta,yang dikuatkan pula oleh Pengawas SMAN 68 Jakarta Drs. Djaid, M.Si , Pembelajaran Jarak Jauh harus sama kualitasnya dengan pembelajaran regular dengan memperhatikan hal – hal sebagai berikut :

  1. Manajemen waktu belajar yang teratur.

Pengaturan waktu menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung terlaksananya PJJ dengan baik. Di SMAN 68 Jakarta  agar tidak terjadi crodit, waktu diatur disesuaikan dengan jadwal KBM seperti biasa. Bapak dan Ibu guru dituntut untuk dapat merancang RPP dengan alokasi waktu yang sesuai dengan waktu yang dimilikinya. Sehingga tidak terjadi kondisi satu guru belum selesai sudah masuk guru yang lain atau malah terjadi kekosongan pembelajaran di suatu kelas.  Bahkan disarankan untuk memberikan tenggat sekitar 10 menit pada setiap perubahan jam belajar.

  1. Sejatinya Pembelajaran Jarak Jauh di SMAN 68 untuk memastikan seluruh Bapa dan Ibu guru tetap memberikan  pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik selama hampir dua minggu mereka berada di rumah dalam upaya sosial distancing.  Tentunya karena kodisi belajar langsung dan belajar Home Learning memiliki karakteristik yang berbeda ,Bapa/ Ibu guru harus berinovasi merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP )  yang sesuai dengan kondisi.
  2. Merancang pembelajaran yang lebih variatif

Untuk menghindari pembelajaran yang membuat peserta didik jenuh  terlebih menjadi beban yang berlebihan, manajemen SMAN 68 Jakarta meminta kepada Bapak dan Ibu untuk menggunakan pembelajaran yang bervariatif berbasis kelas. Artinya dikelas yang sama jangan sampai model belajarnya sama semua. Misalkan tugas semua  atau ulangan semua. Kondisi ini diatasi dengan cara Bapak dan ibu guru di satu kelas yang sama  berkompromi siapa dan model belajar apa yang akan diterapkan yang dilaksanakan sehari sebelum pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan.

  1. Mempersiapkan teknologi pendukung

Untuk mendukung terlaksananya PJJ dari sekian banyak aplikasi yang ada, SMAN 68 Jakarta yang paling utama adalah menggunakan aplikasi SIPINTAR  dari Kemendikbud dengan pertimbangan sebagai berikut :

  • Aplikasi SIPINTAR telah digunakan dalam kegiatan KBM secara langsung sehingga baik Guru, peserta didik bahkan orang tua telah mengenal dan cukup akrab dalam penggunaannya.
  • Aplikasi SIPINTAR memuat berbagai model kegiatan : Ulangan On line, Diskusi, Penugasan, Absensi dsb.
  • Aplikasi SIPINTAR dapat diakses baik menggunakan Laptop maupun Android.

Tapi disamping  SIPINTAR  SMAN 68 Jakarta juga menggunakan teklnologi pendukung lainnya : WG, Google Class Room , Pembelajaran interaktif menggunakan Skype dsb.

  1. Merancang Komunikasi yang baik dengan pihak orang tua

Menyadari bahwa dalam hal pengawasan pembelajaran jarak jauh yang bersifat mandiri maka sangat diperlukan peran serta orang tua untuk ikut mengawasi  peserta didik.

Selama melakukan pembelajaran di internet, terdapat banyak sekali distraksi yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita secara impulsif seringkali dilakukan tanpa rencana sebelumnya. Oleh sebab itu, penting bagi peserta didik  untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Untuk menghindari  segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar  sangat diperlukan pendampingan dari orang tua  bahkan jika memungkinkan, orang tua bisa memberikan  ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain.

Untuk  merancang komunikasi dengan orang tua, manajemen SMAN 68 Jakarta melibatkan peran serta dari Wali Kelas untuk terus ikut memantau dan berkomunikasi secara baik dengan pihak orang tua

Demikian strategi dalam pelaksanaan PJJ  yang telah dilakukan oleh SMAN 68 Jakarta. Sehingga memasuki hari ke lima dari PJJ, terpantau dari laporan kegiatan berjalan dengan sangat baik, dengan indikator sebagai berikut :

  • Siswa terlihat enjoy dalam KBM terpantau dalam forum – forum diskusi yang diikuti peserta didik dengan antusias.
  • Hasil yang cukup memuaskan dari Ulangan On Line
  • Peserta didik dapat menyelesaikan tugas tugas yang cukup bermutu yang terpantau   dalam SIPINTAR
  • Absensi siswa yang mengikti kegiatan diatas 95 %.

Kegiatan PJJ di SMAN 68 tidak lepas dari Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan  pihak  Suku Dinas Pendidikan Wilayah Jakarta Pusat II. Dalam beberapa kesempatan Ibu Kasudin hadir  di SMAN 68  untuk memberikan pengarahan terutama motivasi bagi tenaga pendidik  sebelum akhirnya tenaga pendidik pun diberlakukan Work From Home ( WFH ).

Semoga dua tujuan utama PJJ kali ini, terhindar dari virus corona dan tetap cerdas berprestasi  dapat tercapai. Amin. 68 Jaya

Content retrieved from: https://sma68-jkt.sch.id/2020/03/20/strategi-dan-pelaksanaan-pembelajaran-jarak-jauh-pjj-di-sman-68-jakarta/.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *